Selasa, 11 Oktober 2011

Membuat Blog

Blog merupakan salah satu layanan di internet yang saat ini makin diminati. Ada banyak alamat web yang menyediakan layanan gratis untuk membuat blog, antara lain www.blogger.com, www.wordpress.com, dan www.multiply.com
Pada kesempatan ini saya hanya memfokuskan pada cara pembuatan blog di blogger.com.Secara garis besar, membuat blog pada blogspot dibagi menjadi tiga tahap, yaitu membuat akun (account), memberi nama blog dan memilih template (tampilan blog).
Langkah – langkah untuk membuat blog adalah sebagai berikut :


1.       Masuklah ke halaman www.blogger.com
2.       Setelah halaman blogger terbuka, klik tombol CREATE YOUR BLOG NOW (ciptakan blog anda sekarang)



Tampilan Awal www.blogger.com

3.        Akan muncul Formulir Pendaftaran seperti di bawah ini :
Formulir Pendaftaran Blog
 Berikut penjelasan mengenai Form diatas :
  • Email address - isilah dengan alamat email yang dimiliki, jika belum mempunyainya maka kita bisa membuatnya nanti.
  • Enter a password - isi dengan password yang dikehendaki.
  • Retype password - ulangi password yang diisi tadi.
  • Display name - nama yang akan ditampilkan pada hasil postingan.
  • Word Verification - isikan sesuai dengan huruf yang terlihat pada gambar.
  • Acceptance of Term - klik pada check box yang bertuliskan I accept the Terms of Service, dengan mengklik ini berarti kamu setuju untuk mematuhi semua aturan yang tertera padaTerm of Service, apa saja peraturannya ? kita dapat membacanya dengan cara mengklik pada link tersebut.
Isilah kolom-kolom yang telah disediakan. Jangan lupa untuk memberikan tanda centang pada kotak Acceptance of Terms (Penerimaan Persyaratan). Setelah semua kolom terisi, klik tombol Continue (Lanjutkan)

4.    Jika semua berjalan lancar dan semua sudah diisi dengan benar, maka kita akan dibawa menuju Form Penamaan Blog seperti terlihat dibawah ini :



Pemberian Nama Blog

Penjelasan :
  • Blog title - ini merupakan judul dari Blog kamu nantinya, kamu dapat mengisinya sesuai dengan selera. Kamu juga bisa mengubahnya nanti bila dibutuhkan.
  • Blog adderss (URL) - ini akan menjadi alamat dari Blog kamu nantinya, misalnya kamu isi dengan "blogku" maka alamat blog kamu nantinya menjadi : Http://blogku.blogspot.com, klik pada link yang bertuliskan Check Avalability untuk memeriksa apakah alamat tersebut sudah ada yang menggunakannya.
Jika menampilkan tulisan This blog address is available, berarti alamat tersebut bisa kamu gunakan. Jika menampilkan tulisan Sorry, this blog address is not available berarti kamu harus mengganti dan mencari nama lain untuk alamat blog, isi dengan nama lain lalu klik lagi link Check Avalability untuk memeriksanya
  • Advance setup - kamu tidak perlu menghiraukan yang ini.
Isilah kolom-kolom tersebut dengan informasi yang sesuai. Setelah selesai, klik tombol Continue

5.       Proses selanjutnya adalah pemilihan Template. Apa itu Template ? yaitu design tampilan blog kita nantinya. Kita dapat memilih sesuai dengan selera, kita juga dapat mengubahnya nanti bila dirasa perlu.
Pilih Template / Tampilan Design Blog


Klik pada gambar panah yang bertuliskan CONTINUE jika sudah menemukan Template yang cocok.

6.   Maka proses pembuatan blog kita di Blogspot telah selesai, Blog yang baru kita buat sudah bisa digunakan. Kita bisa mulai mengisinya dengan Artikel atau biasa disebut juga Posting. Untuk mulai membuat artikel klik pada tanda panah bertuliskan START POSTING.


Blog terbentuk










Demikian proses pembuatan blog, semoga sajian ini bermanfaat bagi kita semua

2 komentar:

  1. Pak, kalau mau bikin template kaya gini gimana? atau bikin template yang headernya kita bikin sendiri, mohon infonya pak! :) thx..

    BalasHapus
  2. mohon maaf juga baru bisa membalas sekarang
    untuk template yang sudah jadi sebetulnya dari pihak blogspot sudah menyediakan, untuk template header dapat dibuat sendiri dengan program photoshop (hasil akhir jpg, png) kemudian diupload

    pilih Template - pada template yang kita pakai sekarang pilih "Sesuaikan" - tata letak - pilih header (edit) - pada gambar (pilih / upload gambar yang sudah kita buat sebelumnya), jika sudah sesuai dengan harapan kita pilih terapkan ke blog

    semoga membantu

    BalasHapus